Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UDD
    Seputar UDD
    Peraturan UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

524574




BERITA

502 PENDONOR DARAH SUKARELA MENERIMA PENGHARGAAN DARI GUBERNUR JAWA TIMUR

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



Dalam rangka Peringatan HUT PMI ke 71 tahun 2016, PMI Jawa Timur mengadakan Penyerahan Piagam Penghargaan dan Satya Lancana kepada Pendonor Darah Sukarela 75 kali bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur, yang diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum pada tanggal 26 September 2016.

Pemberian penghargaan tersebut secara simbolis diberikan kepada 20 orang pendonor. Dari 502 pendonor se Jawa Timur, 202 pendonor diantaranya berasal dari Kota Surabaya.
Disamping itu juga akan diberikan Piagam Penghargaan dan Satya Lencana pada tahun 2016 kepada: Pendonor Darah Sukarela 50 kali sebanyak 1.123 orang (diberikan oleh Bupati / Walikota), Pendonor Darah Sukarela 100 kali yang akan menerima Penganugerahan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Bapak Presiden Republik Indonesia Tahun 2016 diusulkan sebanyak 336 orang.

Untuk jumlah produksi darah di Jawa TImur pada tahun 2015 sebanyak 904.017 kantong darah atau 2.33% dari total penduduk Provinsi Jawa Timur. Jumlah ini memenuhi target nasional yang dicanangkan oleh Ketua Umum PMI Pusat Bapak. H. Jusuf Kalla yaitu sebesar 2% dari total jumlah penduduk dari tiap ? tiap Provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut dapat dipenuhi karena strategi jemput bola, serta melakukan kerjasama dengan berbagai Lembaga/Instansi, baik pemerintah maupun swasta serta Perguruan Tinggi untuk menjaring para pedonor darah pemula. Sedangkan pemakaian darah tahun 2015 adalah 651.344 kantong dan kelebihan 256.673.
Tema peringatan Ulang Tahun PMI pada tahun ini adalah dari Pengabdian sejak dini untuk generasi berkemanusiaan di masa datang. Mengingatkan kita semua untuk mendorong dan mengajak generasi muda untuk mendorong dan mengajak generasi muda sejak dini dikenalkan dengan kepedulian menolong sesama secara tulus iklas serta membantu mereka yang membutuhkan tanpa membedakan ras, golongan, suku, dan agama sesuai dengan prinsip kemanusiaan dan prinsip kesamaan dalam prinsip ? prinsip dasar gerakan internasional palang merah dan bulan sabit merah.
Untuk kedepannya PMI Jawa Timur akan membangun sistem manajemen data donor darah berbasis internet untuk memudahkan pelayanan darah kepada masyarakat dan dapat diakses secara nasional. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas stok darah yang tersedia sesuai standar.
?Sesuai dengan Kepmenkes no. 83 tahun 2014 dan SK PMI Pusat dijelaskan bahwa lima unit transfusi darah yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, Kab. Sidoarjo, Kab. Jember dan Kota Madiun dianggap telah memenuhi persyaratan untuk diajukan menjadi unit transfusi darah tingkat Provinsi. Kenaikan status tersebut dalam rangka memenuhi spesifikasi sesuai standart WHO.

Pada bulan Juli lalu PMI Provinsi Jawa Timur mengirimkan perwakilan kontingen Palang Merah Remaja dalam kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja tingkat Nasional ke delapan bertempat di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh 34 Provinsi Se Indonesia serta perwakilan Palang Merah Remaja dan Sukarelawan dari Negara sahabat (Vietnam, Thailand, Kamboja, Pulau Solomon, Timor Leste, Brunei Darussalam, Italia, Jepang, Myanmar, dan Filipina). Dalam kegiatan ini kontingen PMI Provinsi Jawa Timur berhasil mempertahankan prestasi terbaik 1 seperti tahun ? tahun sebelumnya.

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2016 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.