Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UTD
    Seputar UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

656746




BERITA

1064 Sukarelawan PMI Jawa Timur Berlaga di Temu karya Sukarelawan PMI Provinsi Jawa Timur

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



PMI Provinsi Jawa Timur akan menggelar Temu Karya Sukarelawan tahun 2017 pada tanggal 26 - 30 Juli 2017 bertempat di PLTA Serut, Kab. Blitar. Kegiatan yang diikuti oleh 1064 peserta terdiri dari 28 orang peserta PMI di Jawa Timur, dua orang pendamping dan satu orang pimpinan kontingen. Kegiatan yang rutin diadakan oleh PMI setiap lima tahun sekali baik ditingkat pusat, provinsi maupun Kabupaten / Kota se Indonesia, serta berdasarkan Anggaran dasar dan anggran rumah tangga PMI tahun 2014 - 2019 serta program kerja PMI Provinsi Jawa Timur tahun 2017. Kegiatan yang dihadiri oleh Pengurus PMI Pusat, Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, perwakilan Pengurus PMI dan UTD PMI se Jawa Timur serta instansi terkait.

Temu karya sukarelawan ini diadakan guna menilai dan melihat kemampuan serta meningkatkan keakraban masing - masing sukarelawan PMI Jawa Timur, juga mengevaluasi, pembinaan dengan berbagai bidang keahlian dan kompetensi yang dimiliki oleh Sukarelawan PMI Jawa Timur. Dengan adanya kegiatan temu karya ini mempermudah PMI Provinsi Jawa Timur dalam memberikan penugasan baik dibidang bencana maupun donor darah dll, mereka dapat melaksanakan tugas di lokasi bencana maupun dimanapun mereka berada, sewaktu - waktu diperlukan oleh PMI mereka sudah siap dalam menanganinya. Oleh karena itulah tidak diragukan lagi kemampuan sukarelawan PMI benar - benar pilihan yang sesuai dengan bidang kemampuan yang dimilikinya.

Dalam sambutan H. Imam Utomo, S Ketua PMI Provinsi Jawa Timur menyampaikan, "Salah satu pilar dari tiga pilar yang penting dalam organisasi PMI adalah keberadaan sukarelawan sebagai ujung tombak dalam melaksanakan tugas - tugas kemanusiaan secara sigap, tanggap, cepat dan terkoordinasi untuk melayani masyarakat.
Temu Karya Sukarelawan PMI kali ini mengusung tema " Kemandirian dan keberlangsungan PMI" sebagaimana diamanatkan dalam mukernas PMI 2017, dengan harapan bahwa PMI saat ini dan kedepan tetap menjaga kemandiriannya serta tetap dapat menjalankan roda organisasi dalam menjawab tantangan yang lebih kompleks dimasa mendatang. Kegiatan tahun ini memang beda dengan sebelumnya, dimana untuk temukarya sukarelawan kali ini lebih banyak praktek dan simulasi sebagai aplikasi pelatihan yang telah dilaksanakan oleh PMI dan akan dievaluasi menyeluruh secara detail oleh Pengurus Provinsi PMI Jawa Timur, dalam rangka menyiapkan keikutsertaan sukarelawan PMI Jawa Timur di kegiatan serupa tingkat Nasional yaitu Temu Karya Sukarelawan Nasional tahun 2018 yang rencana akan bertempat di Raja Ampat, Papua Barat. Dimana kontingen yang akan dipersiapkan tersebut adalah gabungan dari sukarelawan - sukarelawan berprestasi dari PMI Kabupaten / Kota di Jawa Timur yang telah mengikuti temu karya sukarelawan ini. Siapapun yang akan terpilih nanti, persiapkanlah diri kalian dengan baik untuk menjadi tim yang membanggakan Jawa Timur".

"Saya berharap para sukarelawan terus dapat berperan aktif disetiap gerakan kemanusiaan dalam membantu tugas - tugas pemerintah dan selalu dapat meningkatkan kualitas pelayanan disetiap aksi - aksi kemanusiaan baik dalam penanganan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan, pelayanan donor darah, maupun dalam pelestarian lingkungan", tambah Imam Utomo.
Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini peserta mendapatkan evaluasi antara lain lintas terampil, rabat beton di Dusun Besole Desa Darungang Kec. Kademangan, pemberdayaan pos kampling, galery karya, pengecatan fasum, sukarelawan favorit dan anjangsana antar kontingen.

Luluk Wulandari juara pertama bidang donor darah dari Kontingen Kab. Malang mengatakan, "kami latihan H-1 bulan dalam menghadapi TKS ini. Latihan kami aplikasikan ke warga, namun dalam penerapannya (penilaian) dianjurkan untuk mendatangkan unit donor darah cuman kita terkendala.

Sedangkan komentar dari Anggani peserta juara dua bidang pertolongan pertama dan ambulan dari PMI Jombang, "pelaksanaan ini alhamdullilah ada komunikasi dan kerjasama para anggota TIM, itu yang menuntut kepribadian kami, untuk PMI jauh lebih baik".

Achmad Nur Anam peserta dari Surabaya memberikan kesan, "adanya kegiatan ini guna bertambah relasi , mengenal daerah dan budaya masing - masing kabupaten / kota yang ada di Jawa Timur. Serta memotivasi untuk meningkatkan kapasitas dalam mengikuti ajang kegiatan TKS ini karena disinilah tempat menambah pengetahuan dan wawasan tentang kepalangmerahan".

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2017 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.