Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UTD
    Seputar UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

656745




BERITA

Peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional PMI Tulungagung Gelar Seminar Sehari "Wawasan Kebangsaan Bagi Pengemban Kemanusiaan" Tahun 2017

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



Dalam rangka memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 8 Mei 2017 dengan tema "Everywhere For Everyone" yang bermakna PMI dimanapun untuk siapapun. Dengan adanya tema ini menuntut PMI Untuk bias hadir dimanapun dan memberikan bantuan dan pelayanan untuk siapapun.

Maka dari itu PMI Kabupaten Tulungagung tertantang untuk menyelenggarakan kegiatan untuk semua kalangan, sehingga tercetuslah usulan untuk menggelar seminar wawasan kebangsaan. Dan dengan musyawarah mufakat antara pengurus dan relawan PMI Kab. Tulungagung, maka kegiatan wawasan kebangsaan ini diberi temaa "Wawasan Kebangsaan bagi Pengemban Kemanusiaan "kenapa tema ini diambil? Ini adalah sebuah awaban bahwa semua kalangan sebenarnya bertugas dalam tugas kemanusiaan, maka PMI Kabupaten Tulungagung ingin mengajak semua Stakeholder bersama dalam menjalankan tugas kemanusiaan dengan dasar wawasan kebangsaan yang terbuka dan mumpuni.

Kegiatan yang digelar pada hari Rabu Tanggal 10 Mei 2017 di aula PMI Kabupaten Tulungagung ini dihadiri tak kurang dari 300 peserta dari SKPD, perwakilan Organisasi Masyarakat, Organisasi kepemudaan, dan sukarelawan PMI Kab. Tulungagung (PMR, KSR dan TSR), Pengurus PMI Kecamatan, serta Pengurus PMI Kabupaten dan dewan Kehormatan.Kegiatan dengan narasumber Bapak Prof. Dr. Aminudin Kasdi guru besar Sejarah Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Bapak KH. Ibrahim Rais Ketua GNPI Prov. Jawa Timur dan Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Bela Negara inimembedahnilai-nilai Pancasila sebagaiDasar Negara. Dalam kegiatan ini Prof. Dr. Aminudin Kasdi membahas Materi dengan Tema "Meneguhkan Nilai Pancasila dalam Menghadapi Idiologi lain (Kajian Berdasarkan Sosial, Tradisi dan budaya)", sedangkan Bapak KH. Ibrahim Rais membahas Materi dengan Tema "Pancasila Dipandang dari Segi Agama".

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan bapak Drs. Eko Soetanto selaku ketua PMI Kab. Tulungagung dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai azaz PMI pasal 5 yang berbunyi "PMI berazaskan Pancasila", oleh sebab itu PMI Tulungagung mengajak seluruh stakeholder yang hadir untuk merefreshing mengenai pemahaman Pancasila agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan tidak terjadi penyimpangan.
Dalam kesempatan ini Bupati Tulungagung dalam sambutannya mengajak kepada segenap pengurus dan kader muda PMI yang nota benenya anggota masyarakat dan sekaligus pengemban tugas kemanusiaan untuk terus meningkatkan pelayanan termasuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan nilai - nilai Pancasila, dan diakhir sambutannya Bupati Tulungagung mengajak pengurus dan jajarannya bergandengan tangan untuk memajukan PMI sebagai bagian baktike pada negara, baktike pada daerah dan untuk mewujudkan Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulya Lan Tinata.
Dalam acara inti, diskusi panel yang dimoderatori oleh bapak Drs. Sunarko Budiman, M. K.Pd berlangsung menarik, Pancasila tidak hanya dipandang dari segi Kehidupan Bermasyarakat, tetapi juga dipandang dari kehidupan beragama, jelas hal ini menarik perhatian para peserta, sehingga banyak peserta kagum dengan penyampaian materi dari narasumber, ",luar biasa dan sangat bermanfaat materi semacam ini, karena kita sebagai masyarakat Tulungagung yang berkultur agama wajib Tahu akan peran Pancasila dalam kehidupan beragama, sehingga kita dalam hidup bermasyarakat tidak tersekte-sekte antara Masyarakat Agamis dan Masyarakat nasionalis, yang ada hanyalah Manusia Pancasila yang hidup rukun di Negara Indonesia". Ungkap Ahmad Uli nuha peserta Utusan dari DPD KNPI Tulungagung.

Kegiatan ditutup pada pukul 11.30 WIB, sehingga membuat peserta sedikit kecewa Karena masih banyak peserta yang mau bertanya tetapi kehabisan waktu, sehingga beberapa peserta mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini harusnya diadakan lagi Karena menarik dan penting diketahui oleh masyarakat. Terakhir semoga kedepan PMI Kabupaten Tulungagung semakin dicintai Masyarakat sehingga keberadaan serta peran PMI dapat dirasakan oleh masyarakat Tulungagung pada khususnya.Selamat hari Palang Merah dan Bulan sabit Merah tahun 2017, Everywhere For Everyone, PMI Dimanapun untuk Siapapun.

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2017 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.