Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UTD
    Seputar UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

638942




BERITA

FORPIS PMI Kabupaten Lumajang selenggarakan Parade Aksi Mula 2017

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda





(Lumajang, 12/03/2017) waktu masih menunjukkan pukul 06.20, namun keceriaan anak-anak SD/ MI Kabupaten Lumajang sudah nampak di wajah mereka. Berlarian kesan kemari, ada yang mencoba memberanikan diri untuk saling sapa dan mengenal peserta dari sekolah lain. Sepertinya mereka tidak terlalu terbebani dengan kegaiatan yang akan mereka hadapi. Siti Mas'datul ullah Salah satu peserta mengatakan bahwa senang dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan PAM (singkatan dari Parade Aksi Mula-red), ditanya kenapa senang dan semangat? Dengan lugunya dia menjawab ya senang saja. "saya senang mengikuti kegiatan ini selain untuk menambah pengalaman, aku juga bisa menambah teman dari sekolah lain". Ujar siswi kelas 4 (empat) Madrasah ini.

Parade Aksi Mula 2017 atau yang disingkat dengan PAM 2017 ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh FORPIS (Forum Remaja Palang Merah Indonesia) PMI Kabupaten Lumajang. kegiatan PAM diharapkan dapat menjadi pemicu adanya aktivitas kepalang merahan di sekolah-sekolah tingat dasar. Karena selama ini kegiatan kepalang merahan atau PMR Mula di tingkat dasar di Kabupaten Lumajang masih belum ada. Panitia penyelenggara (FORPIS) sangat mengharapkan apa yang menjadi tujuan bersama kegiatan PAM 2017 dapat terwujud, supaya apa yang sudah diusahakan tidak menjadi sia-sia untuk perkembangan aktivitas kepalang merahan di Kabupaten Lumajang. Qurotul Aini ketua pelaksana kegiatan ini mengungkapkan apa yang menjadi gagasan dan tujuan dari kegiatan PAM 2017. "Awalnya kami melihat PMR ini tidak ada ya di sekolah-sekolah SD dan MI di Lumajang, padahalkan PMR itu sangat bermanfaat untuk adik-adik kami yang ada di SD dan MI. ujar siswi kelas XI SMAn 1 Lumajang ini. "lha dari situlah kami yang tergabung dalam FOR
PIS PMI Kabupaten Lumajang mengadakan kegiatan Parade Aksi Mula 2017 supaya PMR tingkat Mula itu ada di Kabupaten Lumajang". tambah perempuan yang sering dipaggil comel oleh teman-temannya.

Mengusung Tema "Mengenalkan Nilai Kemanusiaan Sejak Dini" panitia ingin menyampaikan betapa pentingnya aktivitas kepalang merahan bagi tumbuh kembang anak, baik secara fisik dan mental. Hal itu diungkapkan oleh Ali Kreswanto salah satu relawan PMI Kabupaten Lumajang, yang pada kegiatan ini juga menjadi juri. "Dengan mempelajari dan melakukan aktivitas kepalang merahan, adik adik dapat mengenal betapa penting menerapkan nilai prinsip yang ada di gerakan palang merah. Serta adik adik dapat mengetahui bagaimana mereka harus bersikap tentang segala sesuatu yang berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Ujar bapak sau anak ini. Karena dalam PMR itu dikenalkan kesehatan remaja, pertolongan pertama, sanitai kesehatan dan ada beberapa materi yang sangat penting untuk diketahui adik-adik PMR". Imbuhnya.

Setelah beberapa saat saya (-red) berada dilokasi kegiatan, akhirnya kegiatan ini dimulai dengan apel pembukaan kegiatan. Dalam PAM 2017 kali ini diikuti oleh 64 (enam puluh empat) peserta dari siswa-siswi Sekolah Dasar sederajat se-Kabupaten Lumajang, pserta tersebut dari 8 sekolah SD/MI se-Kabupaten Lumajang. Delapan peserta tersebut akan mengikuti 6 pos bidang materi kompetisi, yaitu pos bercerita (kepalang merahan), pos menggambar (Sanitasi kesehatan), pos penolong cilik (pertolongan pertama), pos out bond (kesehatan remaja), pos Rangking satu (Donor Darah Siswa) dan pos drama (kesiapsiagaan bencana). Dalam kegiatan ini memang menggunakan methode yang berbeda dari kegiatan Kompetisi PMR yang banyak diketahui, yaitu dengan sistem traveling. Kegiatan ini menyesuaikan dunia adik-adik Mula dalam melakukan aktivitasnya, sehinga diharapkan mereka menyelesaikan Pos Bidang dengan gembira.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bpk. Yunkendro Budiadi selaku sekretaris pengurus PMI Kab. Lumajang yang menggantikan Ketua PMI kabupaten Lumajang karena ada acara yang tidak dapat ditinggalkan. Dalam sambutannya Pembina Upacara atau yang lebih akrab dipanggil Pak Yun menyampaikan, rasa terima kasih sebesar-besarnya pada adik-adik forpis yang teh menyelenggarakan kegiatan Parade Aksi Mula I 2017, serta kepada seluruh kontingen SD/ MI yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini adalah kegiatan awal yang diharapkan nanti dari kegiatan ini dapat menumbuhkan kegiatan kepalang merahan atau yang disebut PMR di Kabupaten Lumajang lebih baik lagi. Di sela-sela kesibukannya setelah membuka kegiatan Parade Aksi Mula 2017, beliau menyampaikan bahwa mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan. "ya jelas, saya selaku pengurus PMI kabupaten Lumajang, sangat merasa senang dengan apa yang telah dilakukan oleh adik-adik FORPIS, dan ini baru pertama kalinya". Ujar Sekretaris Pengurus ini.

Nefi Ernita juga sempat berbincang dengan kami, tentang respon ketua PMI Kabupaten Lumajang terhadap kegiatan PAM 2017. Ketua PMI sempat terkejut dan kagum terhadap apa yang telah dilakukan anak-anak PMR yang tergabung dalam Forum Palang Merah Remaja Indonesia PMI Kabupaten Lumajang. "ketika saya kesana dengan ditemani ketua pelaksana kegiatan adik Ain, pak Budi (Ketua PMI Kab. Lumajang) langsung terkejut ketika Ain meminta restu kegiatan, beliau mengatakan bahwa saya sangat kagum kepada adik-adik FORPIS yang sudah punya inisiatif dan berusaha untuk mengadakan kegiatan untuk PMR mula, ini baru pertama kalinya diadakan, dan saya (ketua-red) sepenuhnya mendukung kegiatan ini". Ujar Staf PMI tersebut. "bahkan tidak hanya sampai disitu Ketua PMI juga menginstruksikan kami selaku staf markas untuk memfasilitasi kegiatan adik-adik."tambah staf markas yang akrab dipanggil mak Nefi ini.

Setelah semua kegiatan telah usai, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta datang juga, yaitu pengumuman hasil kegiatan. Dalam setiap pos bidang PAM 2017 tidak ditentukan juara 1, 2 dan 3, namun setiap pos bidang dipilih 5 peserta terbaik di masing pos bidang. Nur Laili selaku koordinator FOPIS PMI Kabupaten Lumajang mengungkapkan bahwa pemilihan 5 peserta terbaik di masing-masing bidang diharpakn meminimalisir rasa persaingan antar peserta. "kita memang memilih lima peserta terbaik di masing-masing bidang, ya itu agar peserta itu tidak merasa harus mengalahkan peserta yang lain, tapi peserta harus meyakinkan dirinya sendiri untuk menjadi terbaik di masing-masing bidang", ujar peserta Jumnas VIII Kontingen Jatim ini.

Dalam PAM I 2017 terpilih tiga kontingen Juara 1, 2 dan 3 yang diambil dari akumulasi nilai dari masing-masing pos bidang. Yaitu SD Islam Tompokersan-Lumajang (Juara 1), MI Muhamadiyah Tempeh Lor-Tempeh (Juara 2) dan MI Nurul Jadid Sumberejo-Sukodono (Juara 3). Panitia koordinator sie. Acara, Ningsih menyampaikan, kegiatan Parade Aksi Mula yang pertama kali ini banyak lubang kekurangan disana-sini, tentunya nanti akan menjadi bahan evaluasi demi kebaikan kegiatan PAM II tahun depan."saya mengakui mas, dalam kegiatan PAM pertama ini banyak lubang-lubang kekurangan, karena kami masih baru belajar dan ini pertama kalinya. Maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak agar kebaikan acara PAM II tahun depan". Kata cewek berlesung pipi ini. (Machrus Ali/ Relawan PMI Kab.Lumajang)






SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2017 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.