Home        Profil        Sumber Dana        Donasi        Berita        Artikel        Tabloid GELORA        Gallery        Hubungi Kami    
    Home
    Profil
    Sejarah
    Visi & Misi
    Struktur
    Pengurus
    Serba-Serbi
    Syarat Pedonor Darah
    Jumlah Donor Darah Sukarela
    Daftar Alamat Kab./Kota
    Alamat UTD
    Seputar UTD
    Seputar Relawan
    Peta Rawan Bencana
    Hubungi Kami
Visitor:

656776




BERITA

PMI Jawa Timur Peringati Hari Sukarelawan

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda





Dalam rangka memperingati hari Sukarelawan PMI, PMI Provinsi Jawa Timur bersama PMI Kabupaten Malang mengadakan acara apel peringatan yang bertempat di waduk Karangkates Kabupaten Malang. Acara tersebut diikuti oleh sekitar 1000 relawan PMI antara lain, Malang raya, Lumajang, Blitar, Kota Batu dan dihadiri oleh Bupati Malang, Ketua PMI Jawa Timur, Pengurus PMI Provinsi Jawa Timur dan Pengurus PMI Kabupaten /Kota di Jawa Timur, Pengurus PMI Kecamatan Kabupaten Malang serta instansi terkait. (21/12/2016)

Usai apel peringatan hari Sukarelawan diadakan simulasi Operasi Penyelamatan Insiden Kapal Imigran. Diambil tema simulasi ini karena Kabupaten Malang sering kali menjadi tempat lewatnya kapal imigran. Oleh karena itulah dalam peringatan sekarang ini mengambil tema simulasi tersebut. Selain itupula relawan PMI Kabupaten Malang juga seringkali mengevakuasi orang tenggelam dilaut maupun banjir yang bertempat di Malang.

"Kerelawanan merupakan nilai yang universal yang telah ada sejak permulaan terbentuknya kebudayaan manusia. Suatu nilai kemanusiaan yang sederhana, yaitu menolong orang atau menolong sesama. Dengan kerelawanan kita dapat menggerakkan partisipasi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat untuk kemanusiaan.

Sukarelawan adalah ujung tombak dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional kurang lebih 153 yang lalu, Henry Dunant telah menanamkan visi tentang kekuatan kerelawanan yang terus hidup dan semakin kuat di dunia.
Menyadari tantangan yang dihadapi para sukarelawan dalam menjalankan tugas secara profesional, kami mendorong seluruh jajaran Pengurus PMI disemua tingkatan agar senantiasa memelihara semangat dan komitmen serta penguatan kapasitas dan kompetensi sukarelawan melalui pembinaan, pelatihan serta harus berhadapan dengan kondisi dan situasi yang berat, organisasi perlu memberikan dukungan psikososial dan dimana diperlukan jaminan keselamatan," kata H. Imam Utomo. S selaku Ketua PMI Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya

"Tim Water Rescue PMI Kabupaten Malang merupakan orang - orang pilihan yang telah mendapatkan pelatihan, sehingga saat dibutuhkan dalam pencarian orang tenggelam di laut, tim ini siap kapan pun diperlukan, dan melihat ketangguhan relawan PMI Kabupaten Malang inilah pemda setempat mendukung baik berupa materi maupun spiritual,"ujar Aprillijanto.

"Saya bangga pada sukarelawan PMI sekarang ini yang sudah mumpuni baik dibidang Dapur Umum, Tim Water Rescue, Pertolongan Pertama dll. Oleh karena itu jangan hanya pada spesialisasi dibidang itu saja namun sebagai relawan PMI harus bisa di semua bidang, "tambah Imam Utomo. (pris)

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda







 Berita Lainnya :







PALANG MERAH INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Karang Menjangan 22 Surabaya
Telp. (031) 5055173, 5055174, 5055175, 5055176 Fax. (031) 5055174
e-Mail: jawa_timur@pmi.or.id     Web: www.pmijawatimur.com


Copyright © 2009-2017 PMI Provinsi Jawa Timur. All right reserved.